Search engine adalah program
komputer yang dirancang untuk mencari informasi yang tersedia didalam dunia
maya. web search engine mengumpulkan informasi yang tersedia secara otomatis.
untuk sekarag ini sebuah search engine sudah mulai di kembangkan untuk lebih
memudahkan bagi kita dalam menggunakan search engine tersebut. hasil dari
pecarian data biasanya di urutkan berdasarkan tingkat akurasi dan popularitas
di search engine tersebut. beberapa search engine biasanya mengumpulkan
informasi atau data yang di cari di dalam sebuah basisdata. atau direktori web.
dengan search engine tersebut
kita dapat mencari berbagai informasi yang kita inginkan dari seluruh dunia,
jadi dengan adanya search engine ini sangat memudahkan bagi kita untuk mencari
data.
Fungsi dan manfaat search engine
search engine mempunyai
bebrapa fungsi dan manfaat yang berguna bagi kita yang suka browsing anta lain
adalah:
1. mesin
pencari merupakan tempat kebanyakan orang mencari sesuatu via internet. Menurut
survei hampir 90% pengguna internet memakai mesin pencari untuk mencari lokasi
tertentu di internet. dan di antara mesin pencari yang ada, google merupakan
mesin pencari yang paling banyak digunakan.
2. Sebagian
besar pengguna mesin pencari tidak pernah melewatkan dua halaman pertama dari
mesin pencari.
3. Sebuah
informasi yang mudah di akses oleh semua orang baik dalam maupun luar negeri.
4. Memudahkan
Masyarakat dalam mencari informasi di internet.
Cara kerja mesin pencari
Mesin pencari web bekerja
dengan cara menyimpan informasi tentang banyak halaman web, yang diambil
langsung dari WWW. Halaman-halaman ini diambil dengan web crawler — browser web
otomatis yang mengikuti setiap pranala/link yang dilihatnya. Isi setiap halaman
lalu dianalisis untuk menentukan cara indeks-nya (misalnya, kata-kata diambil
dari judul, subjudul, atau field khusus yang disebut meta tag). Data tentang
halaman web disimpan dalam sebuah database indeks untuk digunakan dalam
pencarian selanjutnya. Sebagian mesin pencari, seperti Google, menyimpan
seluruh atau sebagian halaman sumber (yang disebut cache) maupun informasi
tentang halaman web itu sendiri.
Selain halaman web, Mesin
pencari juga menyimpan dan memberikan informasi hasil pencarian berupa pranala
yang merujuk pada file, seperti file audio, file video, gambar, foto dan
sebagainya, serta informasi tentang seseorang, suatu produk, layanan, dan
informasi beragam lainnya yang semakin terus berkembang sesuai dengan
perkembangan teknologi informasi.
Ketika seseorang mengunjungi
mesin pencari dan memasukkan query, biasanya dengan memasukkan kata kunci,
mesin mencari indeks dan memberikan daftar halaman web yang paling sesuai
dengan kriterianya, biasanya disertai ringkasan singkat mengenai judul dokumen
dan kadang-kadang sebagian teksnya.
Ada jenis mesin pencari lain:
mesin pencari real-time, seperti Orase. Mesin seperti ini tidak menggunakan
indeks. Informasi yang diperlukan mesin tersebut hanya dikumpulkan jika ada
pencarian baru. Jika dibandingkan dengan sistem berbasis indeks yang digunakan
mesin-mesin seperti Google, sistem real-time ini unggul dalam beberapa hal:
informasi selalu mutakhir, (hampir) tak ada pranala mati, dan lebih sedikit
sumber daya sistem yang diperlukan. (Google menggunakan hampir 100.000
komputer, Orase hanya satu.) Tetapi, ada juga kelemahannya: pencarian lebih lama
rampungnya.
Manfaat mesin pencari
bergantung pada relevansi hasil-hasil yang diberikannya. Meskipun mungkin ada
jutaan halaman web yang mengandung suatu kata atau frasa, sebagian halaman
mungkin lebih relevan, populer, atau autoritatif daripada yang lain. Kebanyakan
mesin pencari menggunakan berbagai metode untuk menentukan peringkat hasil
pencarian agar mampu memberikan hasil "terbaik" lebih dahulu. Cara
mesin menentukan halaman mana yang paling sesuai, dan urutan halaman-halaman
itu diperlihatkan, sangat bervariasi. Metode-metode nya juga berubah seiring
waktu dengan berubahnya penggunaan internet dan berevolusinya teknik-teknik
baru.
Sebagian besar mesin pencari
web adalah usaha komersial yang didukung pemasukan iklan dan karenanya sebagian
menjalankan praktik kontroversial, yaitu membolehkan pengiklan membayar agar
halaman mereka diberi peringkat lebih tinggi dalam hasil pencarian.
Mesin pencari populer[sunting
| sunting sumber]
Terdapat ratusan bahkan ribuan
mesin pencari yang ada di internet, dan kapasitas mesin tersebut akan selalu
tumbuh dari waktu ke waktu. Dari sebanyak itu, hanya sebagian kecil yang
berpengaruh besar dalam lalulintas untuk pengantar pengunjungnya ke situs
tersebut. untuk itu, harus pintar dalam memilih mereka yang tepat terutama
dalam efisiensi dan efektifitas waktu yang anda miliki dalam mencapai sasaran
yang diinginkan, karena situs yang tidak terlalu populer belum tentu akan
berpengaruh besar terhadap pertumbuhanke situs yang dikelola. Apalagi juka
pendaftaran situs-situs penyedia layanan pencarian tersebut dilakukan satu
persatu, akan membuang waktu. Cara mudahnya, lebih baik menggunakan software
pendaftar ke mesin pencari yang banyak beredar di internet, sehingga proses
pendaftaran bisa dilakukan secara otomatis melalui software tersebut.
Berikut ini adalah beberapa mesin pencari:
Google (
http://www.google.com/ )
Yahoo ( http://www.yahoo.com/
)
Open Directory (
http://www.dmoz.com/ )
MSN ( http://www.msn.com/ )
Live ( http://www.live.com )
Altavista ( http://www.altavista.com
)
AOL ( http://www.aol.com )
Altheweb (
http://www.althweb.com )
Baidu ( http://www.baidu.com )
Looksmart (
http://www.looksmart.com )
Solusee (
http://www.solusee.com )
0 comments:
Post a Comment